Manajemen hubungan dimulai segera setelah Anda bertemu seseorang. Orang-orang memutuskan satu sama lain dalam beberapa detik pertama pertemuan, jadi sangat penting untuk membuat kesan yang tepat. Kesan pertama itu bertahan dan dapat memutuskan apakah Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dari pertemuan Anda. Dan bahkan mungkin membuat perbedaan antara mendapatkan pekerjaan atau tidak.

Dampak yang Anda buat akan dinilai (secara sadar dan tidak sadar) berdasarkan komunikasi verbal dan non-verbal. Penting untuk dicatat bahwa 93 persen cara Anda bertemu orang lain ditentukan oleh nada suara, sikap, dan bahasa tubuh Anda. Yang mencakup seberapa percaya diri Anda, perilaku, dan penampilan Anda.

Bill Docherty (pelatih, dan pelatih) mengatakan: ‘Kami memiliki filter fisik internal dan ketika kami melihat orang bereaksi dengan cara tertentu. Kami secara mental akan mencatat bagaimana mereka memegang kepala mereka, di mana mereka melihat. Bagaimana mereka memegang bahu mereka, berjabat tangan dan bagaimana mereka memanfaatkan ruang. Pikiran bawah sadar kita menyaring semua kenangan dan pengalaman dari berbagai orang yang kita temui dalam hidup kita. Saat kami melakukan ini, kami akan memilih orang-orang yang serupa dan mengingat bagaimana mereka bertindak. Dan seperti apa mereka dan bagaimana perasaan kami tentang mereka. Kami kemudian akan mengambil gabungan pengetahuan dan perasaan ini, membawanya ke depan dan melampirkannya
kepada orang-orang yang kita temui.

Nada suara

Sangat penting untuk berbicara dengan nada suara yang tepat dan menunjukkan sikap yang tepat. Sehingga orang ingin berada di dekat Anda dan menikmati kebersamaan dengan Anda. Jika nada bicara Anda menunjukkan sikap merendahkan, kebosanan, atau kemarahan, Anda akan kehilangan rasa hormat. Dan orang tidak lagi ingin menghabiskan waktu berbicara dengan Anda atau mendengarkan apa yang Anda katakan.

Sikap

Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda dapat memilih untuk memiliki sikap ‘bisa melakukan’/’bisa’/’akan melakukan’ untuk bekerja. Untuk memotivasi diri sendiri dan mengatakan ‘Saya sangat menantikan untuk bekerja hari ini dan saya bersemangat. untuk memulai’. Jika Anda berpikir Anda tidak bisa melakukan sesuatu maka Anda mungkin tidak akan bisa melakukannya. Anda harus memberi tahu pikiran bawah sadar Anda bahwa Anda dapat melakukan apa pun yang Anda pikirkan. Dan Anda akan dapat melakukannya.

Seorang asisten dapat berhasil dalam hampir semua hal di mana mereka memiliki antusiasme dan keuletan yang tidak terbatas.

Alternatifnya adalah memilih sikap ‘Saya benar-benar tidak ingin pergi bekerja hari ini, saya hanya tidak bisa diganggu!’ Sikap mana yang menurut Anda akan membantu Anda lebih menikmati pekerjaan? Ingat – Anda memiliki pilihan tentang bagaimana Anda akan bereaksi terhadap situasi apa pun.

Sikap juga termasuk bertujuan untuk keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Dan Anda harus berhati-hati untuk menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat kerja. Dan tidak cukup waktu dengan keluarga dan teman-teman Anda. Selalu punya waktu untuk diri sendiri juga – ini penting. Karena Anda tidak akan mengatakan di ranjang kematian Anda ‘Saya berharap saya akan bekerja lebih banyak’.

Keyakinan dan niat positif yang diikuti dengan tindakan positif menciptakan hasil yang positif.

Berikut adalah empat hal yang dapat Anda lakukan. Untuk memastikan bahwa Anda memiliki sikap yang paling positif dalam keadaan apa pun. Mereka juga akan membantu mengurangi stres dan membangun hubungan yang efektif:

  1. Fokus pada masa depan (bukan masa lalu), apapun tantangan yang Anda hadapi, termasuk konflik. Alih-alih mengkhawatirkan siapa yang melakukan apa dan siapa yang harus disalahkan. Fokuslah pada di mana Anda ingin berada dan apa yang ingin Anda lakukan.
  2. Fokus pada solusi setiap kali Anda menghadapi kesulitan. Jangan buang waktu dan energi Anda untuk merenungkan
    masalah, siapa yang salah atau mengapa itu terjadi. Solusi bersifat positif dan masalah bersifat negatif. Segera setelah Anda memikirkan solusi, Anda menjadi asisten yang positif dan pro aktif.
  3. Carilah hal-hal yang baik dan sisi positif dari situasi apapun.
  4. Carilah pelajaran berharga dalam berbagai hal; jika ada yang salah atau Anda membuat kesalahan – apa yang dapat Anda pelajari darinya?

Sumber: France, S., 2009. The Definitive Assistant & Secretarial Handbook: A best-practice guide for all secretaries, PAs, office managers and executive assistants. Kogan Page, UK


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.