Untuk membantu membangun hubungan yang efektif, mendapatkan rasa hormat, dan mendorong orang untuk mendengarkan Anda, penting untuk bertindak sebagai sekutu profesional dan terlihat profesional. Citra yang Anda gambarkan memengaruhi cara Anda dipersepsikan oleh orang lain (yang mungkin tidak selalu menjadi cara Anda memandang diri sendiri!). Anda perlu mengelola cara Anda dipersepsikan dengan mengelola citra Anda, karena cara Anda melihat dan bertindak adalah perpanjangan dari siapa Anda dan bagaimana perasaan Anda. Tata krama serta perilaku yang santun, atentif dan santun akan membantu membangun hubungan yang efektif dan memuaskan.

Appearance

Penampilan dapat berbicara banyak tentang sikap Anda dan merupakan bentuk komunikasi non-verbal yang akan digunakan orang lain untuk mengambil keputusan tentang Anda. Bahkan jika perusahaan Anda memiliki kebijakan berpakaian kasual, Anda sering menjadi ‘wajah’ organisasi, terutama jika Anda harus bertemu dan menyapa klien, dan Anda harus selalu memikirkan bagaimana Anda akan dianggap dan oleh karena itu bagaimana perusahaan itu dipersepsikan.

Tanda-tanda sepatu kotor atau lecet, rambut yang tidak rapi, berminyak atau acak-acakan, pakaian kusut, noda, kuku kotor atau pakaian yang tidak serasi bisa membuat kesan negatif bertahan lama. Bahkan kuku yang tergigit dapat memberikan persepsi bahwa Anda adalah tipe orang yang gugup. Pilihan pakaian, gaya rambut, perhiasan (termasuk tindik badan) atau apapun yang berhubungan dengan penampilan dapat dianggap sebagai sarana komunikasi non-verbal.

Berpakaian yang baik dapat mempengaruhi sikap Anda, membuat Anda merasa baik dan meningkatkan harga diri Anda, dan ketika harga diri Anda tinggi tingkat energi Anda meningkat dan Anda menjadi lebih produktif. Anda mungkin harus memimpin rapat dan memberikan presentasi di tempat kerja, dan berpakaian rapi memberi Anda lebih percaya diri dalam tugas-tugas tersebut – beberapa orang menyebutnya sebagai power dressing.

Pilihan warna juga penting – pilihlah yang sesuai dengan Anda karena warna tertentu dapat membuat Anda terlihat tidak penting dan bahkan sakit, sedangkan yang lain dapat mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda dan membuat Anda terlihat menarik, dinamis, dan kuat. Pakaian yang sesuai juga bervariasi antar negara dan budaya, jadi Anda harus memberikan perhatian khusus saat berada di tempat atau negara yang tidak dikenal. Pastikan Anda mengetahui tradisi dan norma.

Flirting

Menjadi profesional setiap saat termasuk tidak menggoda di kantor. Tidak apa-apa untuk bercanda dan tertawa sekarang dan lagi tetapi Anda harus memahami seberapa jauh Anda dapat mengambil ini dan tahu di mana harus menarik garis. Salah satu cara untuk menangani pendekatan ‘serius’ adalah hanya menertawakan mereka. Itu membantu menjaga hubungan kerja profesional yang baik dan semua orang menyelamatkan muka dan mempertahankan pekerjaan mereka! Di pesta kantor jangan minum terlalu banyak, karena itu menurunkan hambatan Anda dan akal sehat telah diketahui terbang keluar dari jendela! Hampir semua bos (92 persen) akan mengingat kecerobohan seperti itu, dan meskipun 74 persen dari mereka menganggapnya sebagai semangat, hal itu masih dapat merusak reputasi Anda dan kemungkinan peluang promosi.

Sumber: France, S., 2009. The Definitive Personal Assistant & Secretarial Handbook.Kogan Page Limited. USA


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.